3 Langkah Menemukan Tombol Kebahagiaan dalam NLP

Cara Mendapatkan Kebahagiaan dengan Metode NLP

Kebahagiaan dengan Tombol lMetode NLP
Kebahagiaan dengan Tombol lMetode NLP

Mendapatkan kebahagiaan bagi sebagian orang cukup sulit, bisa jadi karena faktor ekonomi, kesibukan atau pergaulan. Kebahagiaan dalam hidup sangat bernilai harganya, namun sayang banyak orang yang tidak mengerti esensi bahagia itu seperti apa. Sebagian dari kita beranggapan bahwa kebahagiaan adalah ketika kita hidup sukses dengan uang banyak dan harta melimpah. Padahal banyak juga orang kaya yang hidupnya tidak bahagia.

Jika diibaratkan kebahagiaan itu ibarat alat elektronik dengan tombol on/off yang memiliki fungsi mengaktifkan dan mematikan kebahagiaan. Ketika tombol ini dipencet pada posisi on, maka hidup kita akan bahagia dan begitu pula sebaliknya. Jadi jangan coba-coba untuk memencet tombol yang salah karena hidup kita hanya sekali saja.

Teori ini diajarkan dalam teknik NLP (Neuro Linguistic Program) yang menyebutknya dengan “jangkar” atau “Anchor” bisa juga disebut sebagi tombol on atau off tadi. Tidak hanya rasa bahagia, semua sifat kemanusiaan kita juga memiliki tombol seperti itu. Tergantung kapan dan bagaimana cara menggunakannya. Dengan istilah lain, anda akan benar-benar bisa menjadi manusia seutuhnya yang mengendalikan diri sendiri dengan menguasai teknik NLP.

Nah, berikut ini langkah-langkah yang bisa anda coba lakukan untuk menemukan tombol kebahagiaan dengan metode NLP :

  1. Buat diri anda merasa nyaman dan rileks

Cobalah untuk memposisikan diri senyaman mungkin dan rasakan anda merasa rileks. Bisa dilakukan dengan tiduran di teras atau tempat favorit anda, pastikan tempat itu tenang dan bisa membantu anda berkonsentrasi. Lalu temukan salah satu tombol yang ingin anda gunakan, seperti menekan jari manis, menekan jempol atau menggunakan benda lain seperti cincin jam atau yang lainnya. Tombol ini sebagai refleksi dari tombol kebahagiaan anda.

  1. Ingat kembali perasaan bahagia yang pernah dirasakan

Kemudian cobalah ingat kembali /recall perasaan paling bahagia anda selama hidup ini yang pernah dirasakan. Bayangkan kejadian itu sedetail mungkin hingga jelas gambarnya, suaranya, keadaannya, sekeliling tempat anda dan anda benar-benar merasakan hal itu kembali.

Lakukan hitungan 1-10 semakin tinggi nilainya anda merasakan semakin bahagia. Fokus dan tetaplah konsentrasi, hingga pada hitungan ke-8 tekan tombol kebahagiaan anda yang telah ditentukan tadi hingga hitungan ke-10.

  1. Tes keaktifan tombol kebahagiaan anda

Setelah anda selesai membuat “Anchor atau Tombol” seperti langkah kedua, lakukan percobaan untuk mengetahui apakah tombol kebahagiaan anda telah berfungsi dengan baik atau belum. Caranya, ketika anda sedang gundah, marah atau perasaan lain yang bertentangan dengan bahagia, tekan tombol kebahagiaan. Jika anda bisa mengingatnya dan merasakan hati ada tiba-tiba menjadi bahagia, maka tombol anda telah berfungsi dengan baik.

Selain tombol kebahagiaan, anda juga bisa memunculkan sendiri tombol yang lain. Seperti tombol simpati, rasa bersalah, empati dan lain sebagainya.

 

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *