Mengenal 3 Gelar dalam NLP

Mengenal Gelar CH, CHt, MCH dalam NLP

Mengenal 3 Gelar dalam NLP
Mengenal 3 Gelar dalam NLP

Ilmu Neuro Linguistic Programming (NLP) saat ini tengah berkembang pesat di Indonesia. Apalagi termasuk salah satu metode alternatif yang bisa mengobati penyakit dengan bantuan pengaturan pola alam bawah sadar. Hal ini jelas sangat diminati masyarakat Indonesia yang notabene masyarakatnya lebih banyak tertarik pada pengobatan alternatif.

Selain pengobatan dalam bentuk hipnoteraphy, NLP juga sangat bermanfaat di berbagai bidang. Termasuk untuk meningkatkan imajinasi dan motivasi belajar anak, meningkatkan kemampuan penjualan dan negosiasi dalam bisnis, hingga kemampuan public speaking yang dibutuhkan oleh siapapun.

Perkembangan ilmu NLP terus menjadi sorotan, apalagi dengan gelar yang mulai dikenakan oleh para ahli Hipnosis ini. Gelarnya ada 3 jenis yaitu CH, CHt dan MCH. Berikut kita ulas satu per satu :

  CH (Certified Hipnosys)

Certified Hipnosys merupakan gelar yang disandang oleh seseorang ketika dia telah menguasai ilmu hipnotis secara formal melalui pelatihan dari lembaga hipnotis yang memiliki legalitas secara Nasional. CH (Certified Hipnosys) adalah gelar/title yang disandang oleh mereka yang telah menguasai ilmu hipnotis secara formal melalui pelatihan-pelatihan hipnotis dari lembaga/organisasi hipnotis yang memiliki legalitas formal Nasional.

  CHt (Certified hipnoteraphyst)

CHt atau Certified hipnoteraphyst merupakan gelar mereka yang telah menguasai hipnoteraphy.

 MCH (Master of Hipnotheraphyst)

MCH atau master of Hipnotheraphyst merupakan level tertinggi praktisi hipnotis indonesia.

Manfaat dari gelar tersebut tentu hampir sama dengan gelar akademis yang digunakan oleh sarjana atau pasca sarjana yang telah menempuh pendidikan. Yaitu sebagai pengakuan secara legal atas skill hipnotis yang dimiliki oleh seseorang. Secara sosial, orang yang memiliki gelar tersebut akan mendapatkan kepercayaan yang lebih tinggi terhadap praktisi hipnotis dan bisa menggunakannya di tengah masyarakat.

Namun perlu digaris bawahi bahwa gelar CH, CHt dan MCH bukanlah gelar akademis seperti layaknya gelar sarjana dan master. Meski fungsinya sama, gelar ini berbeda dan hanya diberikan pada mereka yang telah menguasai ilmu hipnosis.

Tentu untuk mendapatkan gelar resmi ini, anda harus mengikuti pelatihan profesi yang diadakan oleh lembaga tertentu sesuai dengan kode etik yang telah ditentukan. Secara hukum aturan ini telah mengikat seperti tidak mengizinkan pemilik gelar untuk menggunakan hipnotis pada kegiatan negatif yang merugikan orang lain. Jika ini tetap dilakukan maka sanksi hukum akan berlaku.

Tidak hanya itu, para pemilik gelar hipnotis juga akan bisa menggunakan gelar tersebut pada saat sesi terapi atau seminar hipnosis. Keahlian ini bisa dijual sebagai pelatih atau trainer hipnosis yang dibuka untuk umum. Apalagi jika anda telah menguasai level tertinggi atau menguasai pada penggunaan hipnoteraphy, anda bisa menggunakannya untuk membuka praktik hipnotis di tempat anda untuk membantu menyembuhkan penyakit pasien.

 

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *