Inilah 4 Jenis Presentasi dalam Public Speaking

Jenis Presentasi dalam Public Speaking

Jenis Presentasi
Jenis Presentasi

Mendengar kata presentasi adalah hal yang yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua khususnya dari kaum pelajar seperti mahasiswa, pegawai kantor, dosen, guru, dan masih banyak yang lainnya. Presentasi ialah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi. Presentasi merupakan kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat atau informasi kepada orang lain.

Presentasi memiliki jenisnya tersediri, berikut adalah jenis – jenis dari presentasi :

  • Presentasi Dadakan ( Impromptu)

Impromtu atau presentasi dadakan adalah jenis presentasi yang dilakukan secara mendadak atau tanpa persiapan. Dalam hal ini, pembicara ditunjuk langsung untuk menyampaikan informasi kepada pendengar tanpa mempersiapkan segala sesuatu, baik itu dari tema, maupun alat yang mendukung. Adapun kelebihan dari presentasi ini yaitu informasi yang disampaikan biasanya sesuai dengan perasaan dari pembicara itu sendiri dan jauh dari kesan rekayasa, serta kata -kata yang diucakpan spontanitas.

  • Presentasi Naskah ( Manuscript )

Presentasi naskah merupakan jenis presentasi dimana dalam menyampaikan informasinya, seorang pembicara melakukannya dengan membaca naskah. Tidak sedikit orang dalam menyampaikan informasi menggunakan naskah berupa teks. Setiap kata-kata yang keluar merupakan hasil dari sebuah naskah.

  • Presentasi Hafalan ( Memoriter )

Presentasi ini dilakukan dengan cara menghapal dari teks yang telah disediakan. Berbeda dengan jenis manuscript, memoriter tidak menggunakan naskah dalam penyampaiannya, pembicara hanya melakukan persiapannya dengan menghafal dari teks dimana isinya mengenai informasi yang akan disampaikan. Kelebihan dan kelemahannya hampir sama dengan manuscript. Jenis ini sangat buruk untuk dilakukan, karena apabila melupakan kata-kata dari naskah maka presentasi yang dilakukan akan terjadi kegagalan.

  • Presentasi Ekstempore

Presentasi Ekstempore merupakan jenis presentasi yang paling baik untuk dilakukan dibanding jenis lainnya. Pembicara mempersiapkan materi dengan garis besarnya saja, kemudian pada saat presentasi akan dijabarkan secara mendetail. Kelebihannya ialah pembicara dapat menyampaikan informasi secara jelas karena ada persiapan sebelumnya, informasi yang disampaikan jga secara sistematis atau berurutan, pembicara juga lebih leluasa dalam menyampaikan materi karena tidak terpaku pada naskah. Kelemahannya ialah pembicara harus memiliki wawasan yang  luas untuk menampilkan tema yang disampaikan, persiapan memerlukan waktu yang cukup lama karena harus mencari materi yang sesuia dengan fakta.

SEMOGA BERMANFAAT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *