Fungsi, Letak dan Jenis Bagian Utama Otak Manusia

Bagian Utama Otak
Bagian Utama Otak

Otak terdiri dari 5 bagian utama yaitu :

1. Otak besar (serebrum)

Serebrum berfungsi mengatur semua aktivitas mental, yaitu yang berkaitan dengan kepandaian, ingatan, kesadaran, dan pertimbangan. Otak besar merupakan pusat semua perintah gerakan, walaupun ada juga beberapa gerakan refleks. Pada permukaan otak besar yg berwarna kelabu terdapat bagian penerima rangsang, terletak di belakang area motor, berfungsi mengatur gerakan sadar atau merespons rangsangan. Selain itu, terdapat daerah “asosiasi” yg menghubungkan area motorik dan sensorik. “Asosiasi” berperan dalam proses belajar, menyimpan ingatan, membuat kesimpulan, dan belajar berbagai bahasa. Disekitar kedua area itu terdapat bagian yang mengatur kegiatan psikologis yang lebih tinggi. Misalnya, bagian muka merupakan pusat berpikir, seperti mengingat, menganalisis, berbicara, berkreasi, dan emosi. Pusat penglihatannya terdapat di bagian belakang.

2. Otak tengah (mesensefalon)

Otak tengah terletak di depan otak kecil dan jembatan varol. Bagian atas otak tengah merupakan lobus optikus, mengatur refleks mata seperti terpejam saat terkena cahaya berelebihan dan mengontrol pusat pendengaran.

3. Otak kecil (serebelum)

Otak kecil berfungsi mengkoordinasi gerakan otot secara sadar, keseimbangan, dan posisi tubuh. Bila ada rangsangan berbahaya, gerak sadar normal tidak mungkin dilakukan.

4. Sumsum sambung (medulla oblongata)

Sumsum sambung menantarkan informasi dari sumsum tulang belakang ke otak. Sumsum sambung juga mempengaruhi refleks fisiologis seperti detak jantung, tekanan darah, volume, kecepatan bernapas, dan gerak alat pencernaan. Dia juga mengatur gerak refleks lain seperti bersin, batuk dan berkedip. Berkedip memang tidak perlu proses belajar, sejak bayi manusia telah biasa berkedip. Proses belajar dan berpikir memang bukan tugas sumsum sambunng, melainkan tanggung jawab otak besar.

5. Jembatan varol

Jembatan varol ini berisi serabut saraf yg menghubungkan otak kecil bagian kiri dan otak kecil bagian kanan, dan juga menjembatani otak besar dengan sumsum tulang belakang. Belajar merupakan kegiatan fisik untuk menadapatkan pengetahuan. Sedangkan berpikir adalah proses aktif otak untuk menangkap atau merespon suatu stimulasi dari luar atau lingkungan. Ketika belajar dan berpikir, akan tumbuh hubungan-hubungan baru antar sel saraf lewat pulsa listrik tadi. Dan mengedarkan informasi ke seluruh tubuh lewat neurotransmitter. Inilah yg disebut “asosiasi”.

Makin banyak asosiasi, makin aktif hubungan antar sel saraf, makin baik pula fungsi otak. Ini berarti orangnya cerdas dan minim lupa. Jadi kecerdasan dan daya ingat seseorang tergantung keaktifan kerjasama antar neuron tadi. Ada pula pendapat yg membagi otak hanya menjadi 2 bagian besar saja yaitu otak kiri dan otak kanan. Keseimbangan antara otak kiri dan otak kanan mempengaruhi tingkat kecerdasan seseorang.

Otak kiri menjadi pusat pengendali fungsi intelektual, seperti daya ingat, bahasa, logika, perhitungan, daya analisis dan pemikiran. Otak kanan mengedalikan fungsi mental, spontanitas, intuisi, sikap, dan emosi. Termasuk juga mimpi, warna, hubungan antar ruang dan dimensi, gambar, musik/irama, gerak dan tari, kesenian, kreativitas, imajinasi, orisinilitas, daya cipta dan bakat artistik.

Pendek kata otak adalah komputer yg bisa berkreasi. Dia juga bisa menambah atau mengurangi informasi. Otak memang sering diidentikan dengan komputer. Otak dipersenjatai 2 memori dasar, yaitu memori jangka pendek dan memori jangka panjang.

Memori jangka pendek identik dengan RAM pada komputer. Disini informasi hanya disimpan sementara, setelah komputer dimatikan semua informasi akan hilang. Informasi yg diterima panca indera mengendap singkat di memori kerja ini. Memory jangka pendek mungkin untuk mengingat buat waktu, misalnya nomor telepon, usai menelopon, mungkin sudah lupa nomornya. Informasi baru akan tersimpan dalam jangka panjang setelah diproses lewat perubahan kimia dan listrik pada sel-sel saraf.

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *