Inilah Fungsi Spesifik dari Pikiran Sadar Manusia

4 Fungsi Spesifik dari Pikiran Sadar (Conscious Mind)

Pikiran Sadar (Conscious Mind)
Pikiran Sadar (Conscious Mind)

Secara jelas hipnoterapi atau hypnosis  bukanlah ilmu ghaib yang menggunakan kekuatan Jin atau kekuatan ghaib yang lain akan tetapi Hypnosis merupakan fenomena ilmiah dan sangat logis, Namun sayangnya Persepsi dan berbagai mitos buruk yang melekat pada hypnosis cenderung berkembang ke arah yang negatif dan salah kaprah.

Dalam teori Hypnosis, pikiran manusia diibaratkan seperti kue lapis yang terdiri dari beberapa lapisan dan bagian. Manusia mempunyai dua jenis pikiran yang bekerja secara simultan dan saling mempengaruhi, yaitu pikiran sadar (Conscious Mind) dan pikiran bawah sadar (Subconscious Mind).

Pikiran sadar mempunyai 4 fungsi utama, yaitu: mengenali informasi yang masuk dari pancar indra, membandingkan dengan memori kita, menganalisa, dan kemudian memutuskan respon spesifik terhadap informasi tersebut. Sedangkan pikiran bawah sadar berfungsi : memproses kebiasaan, perasaan, memori permanen, kepribadian, intuisi, kreativitas, dan keyakinan.

Pikiran Sadar/ Conscious Mind adalah proses mental yang kita sadari dan bisa kita kendalikan. Sedangkan Pikiran Bawah Sadar/Subconscious Mind adalah proses mental yang berfungsi secara otomatis sehingga Anda tidak menyadarinya atau sulit di kendalikan. Besarnya pengaruh Pikiran Sadar (Conscious Mind) terhadap seluruh aspek kehidupan seseorang, misalnya sikap, kepribadian, perilaku, kebiasaan, cara pikir, dan kondisi mental seseorang hanya 12%.

Sedangkan besarnya pengaruh Pikiran Bawah Sadar (Subconscious Mind) adalah 88%. Untuk mudahnya kita bulatkan menjadi 10% dan 90%. Dari sini dapat kita ketahui bahwa pikiran bawah sadar mengendalikan diri kita 9 kali lebih kuat di bandingkan pikiran sadar kita.

Pikiran Sadar mempunyai 4 fungsi, yaitu :

  1. Mengidentifikasi informasi yang masuk
  2. Membandingkan dengan data yang sudah ada dalam memori otak kita
  3. Menganalisa data yang baru masuk tersebut
  4. Memutuskan data baru akan disimpan, dibuang atau diabaikan sementara. 

Pikiran Bawah Sadar yang kapasitasnya jauh lebih besar dari pikiran sadar mempunyai fungsi yang jauh lebih komplek. Semua fungsi organ tubuh kita diatur cara kerjanya dari pikiran bawah sadar. Selain itu nilai-nilai yang kita pegang, sistem kepercayaan dan keyakinan terhadap segala sesuatu juga disimpan di sini. Memori jangka panjang kita juga terdapat dalam pikiran bawah sadar.

SEMOGA BERMANFAAT!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *