10 Penyakit Sembuh dengan Yoga

Penyakit yang Bisa disembuhkan dengan Yoga



Yoga
Yoga

Yoga dapat menyembuhkan hampir semua jenis penyakit yang mendera penduduk bumi. Dengan kata lain, Anda bisa terbebas dari semua penyakit jika melakukan yoga secara teratur.

Jika Anda menderita penyakit tertentu, cara alami untuk menyembuhkannya mungkin adalah dengan melakukan yoga. Pasalnya yoga merupakan sebuah kebijaksanaan yang mencakup sistem penyembuhan tanpa obat-obatan modern.

Jika dilakukan secara teratur, yoga dapat menyembuhkan penyakit kronis seperti asma dan rematik. Yoga memang tidak bisa menyembuhkan diabetes, tapi yoga membantu menormalkan gula darah. Manfaat lain yang didapat dari yoga adalah penyembuh alami untuk sakit pinggang dan gangguan pencernaan. Bahkan, sakit kepala tak tertahankan yang merupakan gejala migrain dapat disembuhkan melalui yoga.

Yoga terbukti dapat menyembuhkan atau meredakan beberapa gangguan kesehatan yang cukup parah. Jadi, jika tidak suka menenggak obat, Anda bisa mencoba penyembuhan alternatif seperti yoga.

Sepuluh penyakit yang dapat disembuhkan dengan yoga :

  1. Asma

Satu-satunya obat jangka panjang untuk asma adalah dengan melakukan yoga. Inhaler memang dapat menyelamatkan nyawa ketika terjadi sesak napas. Namun, kesembuhan itu tidak berlangsung lama karena serangan sesak napas bisa datang lagi.

Untuk menyembuhkan asma dalam jangka panjang, cobalah untuk mempraktikkan pranayama dan anulom vulom. Pranayama adalah pengaturan nafas keluar masuk paru-paru melalui lubang hidung dengan tujuan menyebarkan prana, atau energi, ke seluruh tubuh. Sedang anulom vulom adalah bernapas dengan menggunakan salah satu lubang hidung secara bergantian.

  1. Diabetes

Diabetes adalah salah satu masalah utama dunia karena merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Anda tidak akan bisa benar-benar memulihkan resistensi insulin yang telah rusak, namun beberapa posisi yoga dapat membantu mengontrol level gula darah. Salah satu gerakan itu adalah triangle pose.

  1. Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi terjadi karena berbagai macam sebab. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan melakukan meditasi yoga, seperti pranayama, secara teratur.

  1. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan bukan hanya merupakan penyakit. Kini ia telah menjadi semacam epidemi yang menyerang para pekerja. Untuk menyembuhkan gangguan ini, Anda bisa melakukan beberapa gerakan yoga seperti child pose atau wind relieving pose. Child pose berfungsi untuk meregangkan pinggul, paha depan, dan punggung.

  1. Migrain

Sakit kepala sebelah atau migrain sering disebabkan karena tidak cukupnya aliran darah menuju otak. Untuk meredakannya, cobalah untuk melakukan sikap yoga seperti sirsasana, yakni berdiri dengan kepala secara sempurna. Cara itu lebih ampuh menyembuhkan migrain dibanding menenggak pil pereda sakit kepala.

  1. Sakit pada punggung bagian bawah

Sakit pada punggung bagian bawah alias encok telah menjadi penyakit kronis bagi kalangan pekerja profesional. Beberapa orang bahkan rela menjalani operasi yang mahal untuk menyembuhkannya. Padahal, gangguan itu bisa diredakan dengan melakukan tree pose atau tadasana. Pose tersebut berfungsi untuk merengangkan pinggul, paha bagian dalam, serta memperkuat kaki dan tulang belakang.

  1. Rematik

Artritis merupakan penyakit yang menyebabkan nyeri teramat pada sendi, dan sayangnya penyakit itu tidak dapat disembuhkan. Untungnya, yoga dapat membantu mengontrol rasa sakit karena arthritis. Gerakan yang disarankan adalah surya namaskar. Gerakan tersebut merupakan cara serbaguna untuk menyembuhkan rasa sakit karena peradangan pada sendi.

  1. Masalah pada hati

Masalah pada hati sangat beragam, mulai dari gangguan kecil hingga sindrom hati berlemak yang sangat parah. Agar hati tetap sehat, cobalah untuk melakukan beberapa gerakan dasar yoga yang dapat memperlancar sirkulasi darah pada perut. Bridge pose dan cat pose adalah beberapa contoh sikap yang dapat melancarkan perdaran darah ke perut.

  1. Depresi

Yoga adalah salah satu penyembuh depresi yang paling potensial. Jika Anda tidak ingin bergantung pada obat penenang atau pil tidur, cobalah gerakan uttanasana. Uttanasana adalah sikap di mana badan ditekuk sedemikian rupa sehingga posisi wajah seperti hendak mencium lutut.

  1. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

PCOS adalah salah satu wabah yang banyak menyerang wanita muda. Gejalanya adalah menstruasi yang tidak teratur dan penyakit ini dapat mengarah pada infertilitas. Untuk menyembuhkannya, Anda bisa melakukan sikap yoga tertentu seperti corpse pose. Cara itu digadang mampu menyembuhkan PCOS tanpa obat atau operasi.

 

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *