11 Teknik Swish Pattern dalam NLP

Teknik Swish Pattern dalam NLP

Teknik Swish Pattern dalam NLP
Teknik Swish Pattern dalam NLP

SWISH PATTERN

Teknik ini berguna untuk menghilangkan pola perilaku lama dan menggantinya dengan pola perilaku baru yang diinginkan, manfaatnya akan memunculkan rasa penuh optimis untuk meraih suatu kondisi baru yang ideal tersebut.

Metode ini dapat anda gunakan untuk :

  • Menghilangkan kebiasaan atau perilaku buruk yang selama ini sulit dirubah
  • Menghilangkan kondisi yang kurang memberdayakan yang selama ini anda sulit keluar darinya
  • Menghilangkah perasaan-perasaan negatif yang selama ini menghantui anda

Semua kondisi tersebut bisa anda netralisir dan anda gantikan dengan pola baru yang anda inginkan. Cara Kerja dari metode ini mirip saat anda mereplace file di komputer dengan file baru.

Caranya sebagai berikut :

  1. Masuk ke dalam pengalaman yang ingin diubah (nasib, perilaku, kondisi, situasi, dll). Buat pengalaman tersebut menjadi lebih jelas dari sebelumnya (cue imaje). Lakukan re-map submodalities untuk meningkatkan intensitasnya (bayangkan dan rasakan anda mengalami peristiwa tersebut, kemudian buat pengalaman tersebut menjadi lebih besar, cahayanya lebih terang, warnanya lebih cerah, suaranya lebih terdengar jelas. Hingga anda merasakan itu kembali begitu jelas) – associate.
  2. Ciptakan suatu gambaran baru dari sebuah pengalaman yang anda inginkan (desired imaje) – dissociate. Bila anda kesulitan di bagian ini maka anda bisa merancangnya dulu sebelum terapi ini dilakukan. Anggap diri anda seorang sutradara bagi diri anda sendiri. Jadi anda bebas mau kondisi ideal seperti apa. Kemudia tentukan bagaimana kondisi ideal yang anda inginkan tersebut. pada bagian ini cukup anda bayangkan saja suatu kondisi baru yg anda inginkan itu
  3. Kemudian buatlah imajinasi di depan anda ada sebuah bingkai kosong dan isi bingkai tersebut dengan cue imaje (keadaan yang mau diubah) secara penuh.
  4. Letakkan gambaran kecil dari disired imaje (keadaan yang baru tadi) di salah satu sudut bingkai tersebut
  5. Setelah kedua gambar tersebut terletak pada satu bingkai, lakukan pergeseran secara cepat dimana cue imaje menjadi mengecil dan desired state menjadi lebih besar hingga memenuhi seluruh bingkai tersebut
  6. Bila perlu tambahkan ucapan : “wuuuzzzzzzz…….”
  7. Nikmati sejenak desired imaje, -Assosiate- Bayangkan dan rasakan gambaranya semakin jelas, warnanya semakin jelas, semakin bercahanya.
  8. Setelah itu kosongkan bingkai
  9. Ulangi proses swish dan lakukan break state (istirahat) di antara pengulangannya
  10. Lakukan test terhadap perilaku lama
  11. Jika masih muncul ulangi proses swish.

KETERANGAN :

Sebelum anda melakukan metode ini, anda harus sudah berkomitmen untuk benar – benar berubah untuk meniadakan kondisi lama dan mengalami kondisi baru yang diharapkan. Jadi, tidak asal melakukan saja, melainkan ada komitmen untuk berubah. Kemuadian, fungsi dari metode ini adalah untuk mempermudah prosesnya. Bila hal ini tidak anda lakukan maka metode ini tidak ada gunanya.

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *