5 Tahap Perkembangan Kesadaran Menurut Adi W. Gunawan

Tahap Perkembangan Kesadaran menurut Adi W. Gunawan

Tahap Perkembangan Kesadaran
Tahap Perkembangan Kesadaran

Saat ini sudah banyak yang sadar akan pentingnya kesadaran ini. Kecerdasan ini katanya merupakan dasar dari kecerdasan lainnya dan menjadi kunci untuk keberhasilan. Namun, saya kurang setuju dengan cara yang selama ini ada di masyarakat, yang terlalu berlebihan dan terkesan memaksaskan diri untuk mengembangkan kecerdasan ini. Yang umumnya terjadi adalah masyarakat kita berusaha keras mengembangkan kecerdasan ini langsung melalui jalur tertentu. Dan mereka berpikir bahwa jalur yang mereka gunakan adalah jalur satu – satunya yang ada dan yang paling benar. Sedari kecil anak sudah dididik dengan jalur ini dengan harapan kecerdasan spritual anak akan berkembang dan baik.

Saya setuju dengan pandangan bahwa kecerdasan spiritual ini sangat penting, namun yang lebih penting lagi adalah bagaimana cara yang benar untuk sampai ke sana. Perkembangan kesadaran manusia melewati beberapa tahap, Tahap ini tidak bisa langsung dipotong atau dilewati begitu saja.

Tahap perkembangan kesadaran itu adalah :

1. Kesadaran Tubuh Fisik

Pada tahap ini kesadaran kita berpusat pada tubuh fisik dan panca indera yang berfungsi sebagai masukan informasi. Hal ini terlihat pada bayi yang kesadarannya hanya pada makan, tidur, menyentuh benda, buang air dan minum. Kenyaman fisik adalah hal yang paling utama. Bayi ini sama sekali tidak sadar akan keberadaan dirinya.

2. Kesadaran Perasaan/ emosi

Pada tahap ini pengertian akan diri sendiri didorong oleh emosi. Kita dikendalikan oleh kebutuhan yang bersifat sadar dan tidak sadar, seperti makanan, seks, dan hasrat untuk dicintai.

3. Kesadaran Mental/analitis

Pada tahap ini, aktivitas psikologis, intelektual dan konseptual berkembang penuh, misalnya hubungan antar manusia, pola kebiasaan, memori (ingatan), kisah kehidupan pribadi, konsep diri dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Pada tahap ini juga identitas diri berkembang penuh. Kita tahu siapa diri kita. Pergumulan batin mengenai kebebasan, kesendirian, dan kematian muncul dari diri kita.

4. Kesadaran Transpersonal

Pada tahap ini timbul pengertian akan keberadaan kita sebagai bagian dari suatu komunitas keberadaan yang lebih besar. Kita melihat hidup kita terhubung ke dan menjadi bagian dari pola yang lebih besar, yaitu umat manusia dan alam semesta.

5. Kesadaran Spritual

Tahap ini meliputi pengembangan dari suatu sistem kepercayaan yang rumi, meliputi simbol – simbol agama, proses riitual, praktek spiritual yang dilakukan sendiri, idealisme politik, dan nilai hidup. Hal – hal ini cenderung menggabungkan dan memberikan arti pada pengalaman hidup kita.

SEMOGA BERMANFAAT!

Sumber : Born to be a Genius by Adi W. Gunawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *