Inilah 4 Tantangan Seorang Public Speaking

Tantangan Seorang Public Speaking

Tantangan Seorang Public Speaking
Tantangan Seorang Public Speaking

Menjadi seorang pembicara public speaking atau seorang training public speaking tentu bukan hal yang mudah. Berbicara didepan kelompok adalah hal yang paling menakutkan bagi banyak orang. Dan ada pula tantangan tersendiri bagi seorang pembicara. Namun, tantangan bukanlah halangan bagi seseorang yang ingin berlatih menjadi Public Speaker. Sebuah keberanian tanpa adanya tunjangan oleh pengetahuan dan keterampilan dalam mengirimkan pesan ke Audience akan menjadikan diri Anda layaknya “orang mabuk” yang berbicara tidak karuan didepan orang lain.

Berikut adalah 4 tantangan seorang Public Speaker :

  1. Mengatasi rasa takut

Keberanian berbicara adalah modal awal menjadi pembicara. Dengan berani tampil di depan umum, mudah bagi Anda untuk berbicara dan mengeluarkan ide serta pendapat.

  1. Membuat Audience antusias dan tertarik dengan topik yang Anda bahas

Beberapa pembicara hanya membuat Audience mereka tahan mendengarkan mereka bicara selama 15 menit. Setelah itu satu per satu tumbang dan berkelana di alam mimpi. Jika Audience tertidur saat Anda menyampaikan pidato, presentasi, atau public speaking, berarti ada yang salah dalam cara Anda melakukannya. Entah nada suara yang monoton, mimik wajah yang datar, atau gestur yang pasif.

  1. Membuat Audience mengingat apa yang Anda sampaikan

Tantangan berikutnya adalah Anda harus bisa membuat Audience mengingat poin-poin yang Anda sampaikan. Ini bisa Anda lakukan kalau mereka secara aktif mendengarkan dan struktur presentasi yang Anda susun mudah diingat serta dimengerti.

  1. Membuat Audience melakukan apa yang Anda sampaikan

Ini level tertinggi dari keempat level tantangan public speaker. Audience tidak hanya mengerti dan memahami pesan yang Anda kirimkan, tapi juga secara sadar memutuskan melakukan apa yang Anda sampaikan.

Menjadi seorang Public Speaker bukanlah hal yang mudah dan juga bukan hal yang sulit. Dimana ada kemauan, pasti akan ada jalan. Semangat!

 

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *