Cara Menerapkan Metode Hypnosis dalam Ilmu Hypnoparenting

Metode Hypnosis dalam Ilmu Hypnoparenting

Metode Hypnosis dalam Ilmu Hypnoparenting
Metode Hypnosis dalam Ilmu Hypnoparenting

Kesiapan orangtua dalam proses hypnoparenting ini sangat mutlak diperlukan. Orang tua harus pandai-pandai mengolah rasa atau emosi sehingga pesan yang akan diterima anak merupakan pesan yang positif. Sebelum siap, Orang tua harus dihipnosis lebih dulu sehingga nantinya tidak akan menimbulkan missmessaging kepada anak.

Masalah anak sebenarnya tidak cukup diselesaikan hanya dengan sugesti setiap malam, tetapi sang ibu harus diberikan edukasi tentang pola pikir dan perilaku anak, teknik memerintah dengan pola-pola bahasa hipnosis yang benar, teknik sugesti secara tidak langsung, teknik mengubah kebiasaan anak, teknik memuji dengan benar, teknik memberikan motivasi dan mengarahkan anak, teknik komunikasi verbal dan non-verbal yang benar, serta teknik menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk.

Selanjutnya menanamkan pesan-pesan positif kepada anak dengan metode Hipnosis saat anak dalam kondisi teta. Dalam kondisi rileks bisikan kata-kata yang diinginkan dengan lembut. Syaratnya, kalimat yang diucapkan harus positif (tak boleh mengandung kata ”jangan” atau ”tidak”), harus present tense atau saat ini (tidak boleh ”akan”) – lebih singkat pesan lebih baik – dan diulang-ulang setiap hari . Misalnya ”Mulai hari ini, setiap pagi saya bangun jam enam dengan riang gembira.”Berdasarkan pengalaman cepat atau lambatnya keberhasilan hipnosis tak bisa dipastikan sama. Ada yang dalam 10 hari perilaku anaknya berubah. Ada pula yang membutuhkan waktu lebih dari sebulan.

Membujuk (persuasi) melalui ilmu Hypnosis dalam ilmu HypnoParenting adalah salah satu teknik terapi terhadap anak yang bermasalah ( anak pemarah / bandel , anak emosional , anak tidak mau nurut , sulit makan , sulit minum susu , dll).

Secara prinsip, membujuk ini didahului dengan sesuatu yang menyenangkan bagi sang anak, dengan catatan secara halus dan seolah-olah tidak disengaja (unconscious) dan dengan kata-kata halus / lembut dan intonasi yang baik. Membujuk juga sangat efektif bila sambil dilakukan melalui sentuhan-sentuhan fisik kecil, misalnya pelukan ringan, sentuhan tangan, sentuhan kecil di pipi, dan lain-lain.

Menurut teknologi komunikasi modern, komunikasi seyogyanya dilakukan dengan lembut dan intonasi yang baik (kita para orang tua tentu juga senang kalau mendengar suara intonasi yang “merdu” saat orang lain berbicara kepada kita).

Dalam ilmu hypnosis, secara sederhana akan saya jelaskan contoh cara / langkah untuk membujuk anak bermasalah :

  1. Perhatikan wajahnya, bila ‘normal’ (tidak cemberut), anda ‘puji’ seolah-olah tidak sengaja (Contoh: Hari ini mama masak enak, mama senang kalau kita makan sama-sama. Anak mama tentu mau makan enak)
  2. Bila sang anak diam dan mulai menunjukkan wajah ‘bersahabat’, dekati dan ajak ngobrol sambil duduk bersama (dengan ‘level’ mata yang sama).
  3. Biasanya bila kita duduk dengan level mata yang sama, sang anak akan bereaksi positif, lalu anda ‘tebak’ (mid reading) yang positif (contoh: Kayaknya nilai ulangan adik hari dapat 8, ya?).
  4. Sang anak biasanya akan bereaksi. Bila reaksi positif, teruskan (anda SUKSES membujuk), bila reaksinya ‘negatif’ ( misalnya : Mama dulu juga gitu koq, nilai dapat 6, tidak apa-apa, yang penting nanti belajar lagi).
  5. Dan seterusnya, sambil anda berbicara terus dengan kata-kata positif, biasanya anak akan “luluh” dan hubungan anda akan akrab lagi.

 

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *