Inilah Tipe Vaginitis

Tipe Penyakit Vaginitis dan Penyebabnya

7 Tipe Vaginitis
7 Tipe Vaginitis

Penyakit vaginitis mungkin tak sepopuler keputihan ataupun penyakit yang menyerang area kewanitaan Anda. Vaginitis merupakan peradangan pada daerah vagina yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Salah satu penyebab penyakit ini adalah berhubungan seksual yang dilakukan secara verulang-ulang dan dalam waktu relatif singkat.

Nah, tahukah Anda bahwa penyakit ini mempunyai 7 tipe vaginitis tergantung dari penyebabnya. berikut tipe-tipenya:

  1. Vaginosis Bakterialis adalah disebabkan karena ketidakseimbangan bakteri normal di dalam vagina akibat penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim dan penggunaan penyemprot vagina. Keadaan ini menyebabkan sekret vagina berwarna putih-keabuan berbau amis.
  2. Vaginitis atropikans adalah disebabkan oleh penurunan hormon estrogen wanita setelah menaopause yang membuat lapisan vagina menjadi tipis dan kering, sehingga menjadi rentan iritasi.
  3. Vaginitis non infeksiosa adalah ditandai dengan peradangan vagina akibat iritasi bahan kimia, atau alergi terhadap produk-produk, seperti kondom lateks.
  4. Vaginitis Klamidia adalah disebabkan oleh infeksi bakteri penyakit menular seksual, yang dikenal sebagai Chlamydia trachomatis. Orang-orang dengan vaginitis tipe ini biasanya tidak menunjukkan gejala apapun. Pada kasus yang jarang terjadi, wanita akan menjumpai adanya sekret putih yang berbau busuk.
  5. Vaginitis Trikomoniasis adalah disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis yang umumnya ditularkan secara seksual. Keadaan ini menyebabkan sekret vagina berwarna kuning kehijauan.
  6. Vaginitis Virus adalah tipe vaginitis yang paling umum, disebabkan oleh herpes simplex virus dan human papiloma virus. Virus-virus ini ditularkan melalui hubungan seksual.
  7. Vaginitis Jamur adalah tipe Vaginitis yang disebabkan oleh jamur Candida albicans. Orang-orang dengan vaginitis tipe seperti ini biasanya menjumpai adanya sekret vagina yang putih dan tebal menyerupai keju. Perawatannya tergantung dari tipe vaginitis.

 

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *