Cara Turunkan Badan dengan Yoga Wheel

Turunkan Badan dengan Yoga Wheel

Turunkan Badan dengan Yoga Wheel
Yoga Wheel

Latihan Yoga dilakukan dalam rangka memenuhi berbagai tujuan. Ada yang ingin membentuk postur tubuh, menjaga kebugaran, dan paling banyak ialah tujuan menurunkan bobot badan. Tujuan itu akan lebih mudah tercapai dengan memanfaatkan penggunaan Yoga Wheel. Bagaimanakah cara melatih gerakan Yoga dengan WHEEL supaya bisa menurunkan bobot badan?

Ada banyak variasi gerakan menggunakan Yoga WHEEL. Beberapa di antaranya adalah Monkey Pose (Hanumanasana), Pigeon Pose (Kapotasana), Supported Shoulderstand to Plow Pose, One Legged Upward Bow Pose, dan berbagai jenis pose lainnya yang bisa dilakukan berdua. Untuk mempelajari masing-masing pose itu memang harus benar-benar mengikuti secara cermat rincian dari gerakan yang dilakukan.

Misalnya adalah gerakan Monkey Pose. Ini merupakan salah satu gerakan dasar yang sebenarnya cukup mudah dilakukan. Dengan gerakan seperti split kaki, di mana salah satun kaki terjulur ke depan dan bertumpu pada Yoga WHEEL. Sekilas pose ini sangatlah mudah untuk ditiru. Tapi kebanyakan pemula mengalami kesulitan dalam meregangkan dan melenturkan kaki-kaki mereka hingga sejajar dengan Yogamat, lalu mengangkatnya ke atas Yoga WHEEL.

Begitu pula dengan Pigeon Pose. Gerakan seperti burung merpati yang sedang melingkar di atas tanah. Menggunakan WHEEL sebagai tumpuan di punggung, sementara kedua kaki ditekuk dan kedua tangan direntangkan bagaikan sayap di atas tanah. Kekuatan tubuh ditopang oleh struktur yang sangat ketat dari keseluruhan otot-otot. Sedangkan pengaturan napas pun dilakukan secara seimbang dan diselaskan pada setiap pergerakan otot untuk kelenturan tubuh.

Melatih semua gerakan di atas memang tak mudah bagi seorang pemula. Namun pemakaian Yoga WHEEL akan sangat membantu upaya tersebut. Jika mengalami kesulitan, harus meminta bantuan pada instruktur. Sebabnya, setiap gerakan atau pose yang cenderung rumit tak bisa dilakukan secara sembarangan karena bisa berakibat fatal jika diterapkan secara sembrono.

Untuk menurunkan bobot badan, cukup dengan menerapkan beberapa latihan pose di atas. Barangkali terasa kurang meyakinkan. Tapi setiap pose dan gerakan yoga memang melatih otot secara optimal dan menariknya bisa membakar lemak dan kalori secara efisien. Dibandingkan dengan model-model olahraga yang rumit, justru Yoga terbukti lebih efektif untuk menurunkan bobot badan dalam target waktu yang lebih singkat. Oleh karena itu, disarankan berlatih Yoga secara intensif, terutama jika ingin menurunkan bobot badan dalam waktu singkat.

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *