3 Cara Mendapatkan Apa Saja Yang Anda Inginkan

Cara Jitu Paling Efektif Mendapatkan Apa Saja Yang Anda Inginkan

Mendapatkan Apa Saja Yang Anda Inginkan
Mendapatkan Apa Saja Yang Anda Inginkan

Setiap orang memiliki mimpi dan keinginan yang kelihatannya sulit untuk dicapai. Akan tetapi, kita tidak harus berpikir seperti itu. Hanya dengan beberapa langkah sederhana dan kontrol diri yang baik, Anda dapat mencapai tujuan yang sebelumnya Anda pikir tidak mungkin untuk diraih.

Perencanaan

1. Buatlah Daftar Pekerjaan yang HARUS dilakukan “(Must-Do List)”

Setiap orang punya daftar pekerjaan yang akan dilakukan “To-Do list”, tetapi jarang diselesaikan. Permasalahan daftar ini yaitu dikarenakan kurangnya urgensi. Lebih baik membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan “(Must-Do List)”, sebagai daftar hal-hal kritis yang harus dilakukan agar Anda dapat lebih maju :

  • Penelitian menunjukkan bahwa individu yang selalu bergerak dan berusaha mencapai tujuannya memiliki kepuasan hidup yang lebih baik dibandingkan dengan individu yang selalu merenungkan masalah.
  • Buat daftar tujuan yang fokus. Tuliskan 2 atau 3 tujuan yang perlu diselesaikan per harinya.
  • Daftar tujuan harus mudah diakses. Anda dapat mengecek daftar tersebut saat beraktivitas untuk memastikan Anda berada di jalur yang benar untuk mencapai tujuan Anda.
  • Pastikan bahwa tujuan Anda dapat diraih. Tujuan yang mulia sangat baik untuk motivasi Anda, tetapi pastikan bahwa daftar Anda memiliki tujuan yang konkret serta realistis untuk dicapai di setiap harinya.

2. Tentukan Waktu dan Tempat

Anda akan lebih lancar dalam meraih tujuan Anda jika Anda menentukan kapan dan di mana Anda akan meraihnya.

  • Motivasi diri Anda akan meningkat dan menghindari penundaan pekerjaan dengan menulis pernyataan dalam daftar pekerjaan yang HARUS Anda lakukan, seperti “Saya akan melakukan [tindakan] saat saya menghadapi [situasi]”.

3. Selalu tegaskan keinginan Anda

Pastikan tujuan akhir Anda terlihat dan perbaharui tujuan Anda seiring dengan perubahan situasi dalam hidup Anda.

  • Jangan mengeluhkan apa yang belum Anda selesaikan. Sebaiknya Anda tetap fokus dengan perjalanan Anda untuk mencapai tujuan Anda.

Mulai Bertindak

1. Ambil langkah perlahan

Pisahkan proses pencapaian tujuan menjadi tujuan-tujuan kecil yang dapat diraih setiap harinya.

  • Contohnya : daripada Anda mengatakan “Tujuan saya hari ini adalah untuk mendapatkan kenaikan gaji pada pekerjaan saya”, lebih baik Anda mendekatkan diri Anda kepada tujuan Anda dengan perpektif yang lebih dapat diatur. Mulailah dengan tujuan-tujuan kecil, seperti datang ke kantor lebih cepat setiap harinya atau bicaralah dengan bos Anda.
  • Inti dari langkah perlahan ini adalah untuk membangun tujuan akhir Anda dengan langkah-langkah yang nyata dan dapat diraih di setiap harinya.

2. Kontrol diri dan sikap disiplin sangatlah penting

Begitu banyak gangguan di zaman sekarang dan sangat mudah bagi Anda untuk beralih dari tujuan Anda. Maka dari itu, selalu simpan daftar pekerjaan yang HARUS Anda lakukan di tempat yang mudah diakses sehingga Anda dapat cek daftar tersebut saat Anda merasa mulai kurang bersemangat.

  • Jangan biarkan diri Anda terlena dengan aktivitas tidak berguna saat Anda memiliki tujuan untuk diraih. Tentukan waktu istirahat di setiap harinya.
  • Lawan godaan sikap “kerjakan besok saja”. Ingat bahwa Anda harus menyelesaikan daftar Anda hari ini juga.

3. Terus berlatih sampai sempurna

Berikan waktu untuk melatih keterampilan yang belum Anda kuasai. Keterampilan yang lebih banyak berarti lebih banyak kesempatan untuk Anda.

  • Asah keterampilan yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan Anda. Contoh: Jika Anda mencari kenaikan gaji, asah keterampilan yang Anda butuhkan di waktu kosong Anda untuk meningkatkan efektivitas Anda di kantor.
  • Perluas tipe keterampilan Anda. Asah keterampilan yang mungkin tidak terkait dengan tujuan Anda saat ini, tapi cukup menarik untuk Anda pelajari. Hal ini tidak hanya membuat Anda tetap produktif, tapi akan membuat Anda menjadi orang yang lebih mampu.

4. Jangan putus asa

Anda akan menemui halangan dan rintangan. Tetap fokus kepada tujuan Anda dan berpikir positif. Rayakan kemenangan kecil untuk memupuk semangat Anda. Anggap setiap kekalahan adalah pelajaran untuk Anda. Bangkitlah dan coba cara yang lain.

5. Percaya diri

Kepercayaan diri sangat penting untuk mencapai tujuan dan mengubah hidup Anda. Hal ini akan mempengaruhi interaksi Anda dengan orang lain dan memotivasi Anda dengan drastis. Bersikap banggalah dengan tindakan, pemikiran, dan kesalahan-kesalahan Anda.

  • Anda sebaiknya mampu untuk menertawakan diri sendiri, tapi jangan merendahkan diri Anda.
  • Ada perbedaan dalam percaya diri dan angkuh. Hindari membesarkan ego Anda dengan menjinakkan kepercayaan diri Anda dengan kenyataan. Sikap angkuh sering dilihat sebagai tanda kegelisahan atau tidak aman. Orang yang percaya diri memberikan inspirasi dan percaya kepada orang lain.

Jaringan dan Menangani Orang

1. Habiskan waktu dengan orang-orang yang berpikir positif

Orang yang berpikir positif sangat dapat menularkan pemikiran positifnya. Bergaul dengan orang yang berpikir positif akan membuat pikiran Anda lebih positif. Pikiran positif sangat penting untuk mencapai tujuan Anda dan bagaimana menjadi puas dengan hidup Anda secara umum.

  • Hindari orang-orang pesimis dan mereka yang sering berpikir negatif. Jangan persilahkan orang-orang tipe ini menjatuhkan semangat Anda mencapai tujuan.
  • Waspadalah dengan tingkat emosional orang-orang yang berhubungan dengan Anda. Mereka memiliki efek yang kuat pula terhadap tingkat emosi dan motivasi yang Anda rasakan.

2. Bicaralah dengan orang-orang penting

Selalu ada orang yang memiliki posisi lebih penting daripada Anda. Lakukan segalanya yang Anda bisa untuk menjalin hubungan baik dengan mereka yang memiliki kekuatan lebih daripada yang Anda punya.

  • Mulailah menyapa dan ikut serta dalam percakapan ringan. Ketika lawan bicara Anda mulai merasa nyaman dengan Anda, mintalah beberapa saran. Pertimbangkan hal apa yang dapat Anda bantu untuk lawan bicara Anda dan ia akan cenderung membantu Anda juga.
  • Hindari sikap berlebihan atau terlalu bersemangat. Mari bersikap gigih, tapi tidak mengganggu ketenangan orang lain.
  • Sekali lagi, kepercayaan diri akan membawa Anda lebih jauh. Orang-orang kuat menghormati tingkat kepercayaan diri dan akan menghadiahkan mereka yang mau bekerja keras lebih dari yang diharuskan.

3. Tambah teman Anda di seluruh aspek hidup Anda

Jaringan pertemanan adalah alat sosial yang esensial untuk mencapai tujuan Anda. Perluaslah ruang lingkup Anda dengan berhubungan dengan orang-orang yang berada di luar posisi dan ranah kerja Anda saat ini.

  • Lebih banyak orang yang Anda kenal, maka lebih banyak kesempatan yang Anda dapatkan. Anda juga dapat memperluas dukungan grup Anda, di saat Anda bertemu dengan orang-orang yang dapat membanru Anda untuk mencapai tujuan Anda.
  • Pengaruh personal Anda akan berkembang sebagaimana berkembangnya jaringan Anda. Anda akan menemukan bahwa Anda mampu untuk mempengaruhi lebih banyak orang. Anda akan meningkatkan kemampuan Anda untuk meraih tujuan Anda menjadi nyata.
  • Ambil keuntungan dari peramban profesional sosial seperti LinkedIn, yaitu adanya kesempatan berjaringan di level korporasi.

4. Tetap bersikap sopan dan hormat

Hubungan yang kuat dibangun oleh saling percaya dan hormat. Jika Anda ingin dapat percaya kepada seseorang ketika Anda membutuhkan dia, makan Anda harus membangun ikatan kepercayaan. Ikatan ini tidak mungkin terjadi jika dasar hubungan Anda adalah ketidaksopanan terhadap satu sama lain.

  • Orang-orang yang memiliki posisi lebih kuat daripada Anda punya ekspektasi untuk dihormati. Mereka tidak akan memberikan respon yang baik kepada mereka yang tidak hormat. Tunduk kepada mereka. Apabila Anda tidak setuju dengan suatu hal, nyatakan ketidaksetujuan Anda tanpa membuat mereka menjadi pihak yang bersalah.

5. Baca bahasa tubuh

Saat berinteraksi tatap muka dengan orang lain, bahasa tubuh adalah indikator yang kuat untuk mengetahui apakah orang tersebut menyukai Anda atau tidak. Ada beberapa cara untuk membaca dan menginterpretasi sinyal dari bahasa tubuh orang lain, yaitu:

  • Jika orang tersebut tidak menatap mata Anda, kemungkinan besar dia tidak tertarik terhadap apa yang Anda katakan atau dia merasa bahwa Anda hanya menghabiskan waktunya saja.
  • Jika ia terlihat memajukan tubuhnya, menatap mata anda, dan matanya terbuka lebih lebar, maka kemungkinan besar ia tertarik dengan Anda atau apa yang Anda katakan.
  • Melipat lengan biasanya merupakan tanda defensif; orang tersebut mungkin berpikir berlawanan dengan ide atau pemikiran Anda.

 

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *