3 Tingkatan Efektifitas Otak Dalam Belajar

Urutan Prioritas dalam Tingkatan Efektifitas Otak Belajar

Tingkatan Efektifitas Otak Belajar
Tingkatan Efektifitas Otak Belajar

Otak kita belajar dengan menggunakan urutan prioritas. Urutan prioritas ini akan mempengaruhi tingkat perhatian dan konsentrasi dalam mempelajari sesuatu dan seberapa kuat informasi tersebut tertanam dalam ingatan kita. Urutan prioritas tersebut adalah :

  1. Untuk keselamatan hidup
  2. membangkitkan emosi
  3. belajar hal yang baru

Prioritas Pertama adalah Perhatian dan konsentrasi maksimal akan diberikan otak terhadap informasi yang berhubungan dengan keselamatan diri. Semakin dianggap penting untuk keselamatan hidup, maka semakin tinggi pula konsentrasi perhatian dan semakin kuat konsentrasi yang diberikan untuk infoermasi itu, dengan demikian akan semakin kuat daya serap dan ingatanyang terjadi.

Prioritas kedua adalah apabila informasi itu membangkitkan emosi, baik emosi sedih maupun emosi gembira. Dalam belajar mengajar, tentunya kita membutuhkan dan lebih memprioritaskan emosi yangpositif. Semakin kuat informasi tersebut membangkitkan emosi kita, maka semakin konsentrasi kita memperhatikan informasi tersebut.

Prioritas terakhir adalah informasi yang berhubungan dengan proses belajar biasa. Informasi ini mendapat konsentrasi dan perhatian yang paling sedikit.

Untuk memaksimalkan konsentrasi dan hasil belajar siswa, tentunya kita sebagai guru hendaknya harus menciptakan suasana yang mengantarkan siswa pada tingkat efektifitas yang paling prioritas, yakni membuat pelajaran kita sangat penting bagi kehidupan mereka.

Hal ini bisa dicapai dengan pendekatan-pendekatan dalam pendidikan, misalnya pendekatan integrasi-interkoneksi. Bila hal ini sulit dilakukan, maka kita bisa mencipyakan susana dengan prioritas kedua, yakni melibatkan emosi dalam setiap pembelajaran. Hal ini bisa kita capai dengan menggunakan aneka metode mengajar yang relevan. Sebagai bocorannya mungkin kita bisa mengadakan permainan, hadiah, dll.

 

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *