Kapotasana Pose Bermanfaat Untuk Melenturkan Tubuh

Manfaat Gerakan Yoga Kapotasana

Gerakan Yoga Kapotasana
Gerakan Yoga Kapotasana

Gerakan yoga Kapotasana (Pigeon pose) yang dilakukan dengan alat bantu kursi memberikan fokus untuk memudahkan gerakan melengkungkan tubuh kebelakang (backbend).

Gerakan yoga dimulai dengan : duduk menghadap sandaran kursi dengan meletakkan telapak kaki di lantai. Saat memegang kursi dan bersandar kebelakang, anda bisa menggeser panggul ke depan. Dengan  begitu  anda bisa berbaring dan meletakkan ujung bawah tulang belikat pada tepi kursi.

Setelah itu anda bisa mengangkat panggul, sedikit memiringkan tulang pelvis ke atas dan menempatkan panggul kembali di kursi, dengat demikian anda bisa sedikit beristirahat. Setelah gerakan tersebut anda bisa meneruskan gerakan parsial dengan mengangkat tulang rusuk punggung dari kursi  dan memindahkannya secara perlahan kearah kepala.

Selanjutnya  lakukan gerakan dengan membuka punggung bagian bawah seluruhnya dan menyelipkan dagu kearah dada.  Jika anda tidak mampu mengangkat kepala lebih jauh lagi, maka anda bisa mengangkat dagu secara bertahap kemudian membungkuk kembali.  Biarkan kepala anda menggantung bebas  beberapa kali saat pernapasan.

Setelah itu tarik nafas dalam-dalam dan  tariklah lutut kearah satu sama lain.  Selanjutnya anda bisa melakukan yoga pose kapotasana. Pada gerakan yoga ini anda bisa berlutut tegak dengan posisi lutut selebar pinggul, kemudian kepala ditundukkan setinggi  lutut anda dan letakkan tangan anda dibelakang panggul.

Sebelum anda melengkungkan punggung kebelakang, anda bisa menempatkan kepala dan tangan di lantai saat pernapasan. Letakkan kedua  telapak tangan di depan dada seperti posisi saat anda berdoa. Setelah itu angkat dada anda  dan majukan panggul anda untuk mengimbangi gerakan mundur. Gerakan ini memang membutuhkan kekuatan punggung sehingga anda harus waspada ketika  melakukannya.

Kapotasana adalah gerakan yang meletakkan  telapak tangan dan telapak kaki pada lantai namun tidak bersentuhan. Selain itu dengan menggunakan  kursi anda bisa melengkungkan tubuh dengan mudah. Ini akan membantu anda mendapatkan tubuh yang benar-benar lentur.  Lutut pada gerakan ini  tidak boleh mengenai tangan, punggung anda bersandar atau tidur diatas kursi untuk memudahkan gerakan.

Latihan yoga ini sangat efektif untuk melenturkan tubuh, dan bahkan bila anda belum mahir anda akan  kesulitan melakukannya. Oleh karena itu  bantuan instruktur penting untuk memudahkan gerakan yoga ini. Kursi akan memudahkan anda untuk  berlatih Kapotasana.

Pernapasan juga sangat penting saat anda melakukan gerakan ini karena dengan pernafasan yang teratur dan sesuai, hal ini akan memudahkan anda melenturkan otot-otot tubuh. Yang menjadi catatan terpenting adalah anda harus berhati-hati dalam melakukan gerakan pelenturan tubuh dengan alat peraga berupa kursi  agar tidak cidera dan merasakan nyeri.

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *