Komunikasi Pidato

Unsur Dasar Komunikasi Pidato yang Baik Menurut Aristoteles

Komunikasi Pidato
Komunikasi Pidato

Model komunikasi yang digunakan oleh Aristoteles pada dasarnya adalah model komunikasi paling klasik, model ini disebut model retoris (Rhetorical model). Inti dari komunikasi ini adalah persuasi, yaitu komunikasi yang terjadi ketika seorang pembicara menyampaikan pembicaraannya kepada khalayak dalam mengubah sikap mereka.

aristoteles
aristoteles

Aristoteles adalah filosof yunani dan termasuk tokoh paling dini yang mengkaji komunikasi sehingga ia berjasa dalam merumuskan model komunikasi verbal pertama. Aristoteles mengemukakan 3 unsur dasar komunikasi yaitu pembicara (speaker), pesan (message), dan pendengar. Aristoteles memfokuskan komunikasi pada komunikasi retoris atau yang saat ini dikenal dengan komunikasi publik (public speaking) atau pidato. Sebab pada masa itu seni pidato merupakan suatu keterampilan penting yang digunakan di pengadilan dan di majelis legislatilatur dan pertemuan-pertemuan masyarakat. Berikut model Aristoteles :

  1. Pembicara
  2. Pesan
  3. Pendengar

Oleh karenanya public speaking atau pidato melibatkan persuasi. Menurutnya persuasi dapat dicapai oleh siapa anda (etos – kepercayaan anda), argument anda (logos – logika dalam pendapat anda juga dengan memainkan emosi khalayak) singkatnya factor yang menentukan efek persuasive suatu pidato meliputi inti pidato, susunannya, cara penyampaiannya, dan peran khalayak sebagai pendengar.

Model komunikasi yang dikemukakan oleh Aristoteles memang sederhana, malah terlalu sederhana jika dibandingkan dengan model-model yang diebrikan tokoh yang lain, karena memuat unsur-unsur lainnya yang dikenal dalam model komunikasi seperti saluran umpan balik, efek dan kendala/gangguan. Komunikasi. meskipun demikian, model ini dapat merangsang pertanyaan penting misalnya unsure-unsur apa yang harus ada dalam pidato agar persuasive bagi khalayak? Apakah bentuk susunan pidato tertentu lebih baik dari bentuk lainnya? Apakah gaya bahasa dalam suatu pidato mempengaruhi derajat persuasif?

Salah satu kelemahan model ini adalah bahwa komunikasi dianggap sebagai fenomena statis. Seorang berbicara pesannya berjalan pada khalayak dan khalayak mendengarkan tahap-tahap dalam peristiwa ini berurutan alih-alih terjdi secara simultan. Selain itu juga model ini tidak dibahasnya aspek-aspek nonverbal dalam persuasi.

Pada dasarnya komunikasi yang diberikan oleh Aristoteles telah mengilhami para pakar komunikasi lainnya untruk merangsang model-model komunikasi yang lebih baru. Yakni tetap mengandung 3 unsur yang sama yani suber yang mengirimkan pesan-pesan yang dikirim dan penerima pesan tersebut.

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *