Hedonophobia

Macam – macam Phobia dan Penjelasannya

Phobia
Phobia

Anda merasa ketakutan oleh sesuatu yang orang lain anggap biasa saja? Kalau iya, bisa saja anda saat ini menderita apa yang disebut dengan phobia. Phobia adalah suatu kondisi yang mana seseorang merasa ketakutan oleh suatu hal yang sebenarnya tidak berbahaya. Data menunjukan hampir 10% dari populasi menderita kelainan ini.

Beberapa jenis phobia yang sering dijumpai adalah phobia terhadap ketinggian, hewan peliharaan, kegelapan dan reptil. Tetapi, mungkin anda tidak tahu bahwa ada beberapa jenis phobia yang langka dan agak aneh kedengarannya. Berikut beberapa diantaranya :

1. Clinophobia

 Clinophobia
Clinophobia

Dari namanya saja mungkin anda belum pernah mendengar. Clinophobia adalah ketakutan seseorang untuk pergi ke tempat tidur. Penderita umumnya akan merasa cemas dan ketakutan saat akan ke tempat tidur. Bila kondisi ini berlanjut, penderita akan mengalami insomnia.

2. Agrizoophobia

Agrizoophobia
Agrizoophobia

Agrizoophobia adalah ketakutan yang berlebihan terhadap hewan liar. Anggapan yang berlebihan terhadap bahaya hewan liar yang menjadi alasan phobia ini.

3. Novercaphobia

Novercaphobia
Novercaphobia

Phobia ini unik karena penderita takut terhadap ibu tiri. Ketakutan ini muncul setelah penderita menonton film atau cerita tentang keburukan ibu tiri.

4. Heliophobia

Heliophobia
Heliophobia

Terpapar sinar matahari saat berada di luar ruangan tentu sudah menjadi sesuatu hal yang biasa bagi sebagian besar orang. Namun tidak demikian halnya bagi penderita heliophobia. Mereka ketakutan bila terkena sinar matahari.

5. Alektorophobia

 Alektorophobia
Alektorophobia

Phobia ini berhubungan dengan ayam. Penderita ketakutan akan hal hal yang berkaitan dengan ayam, mulai dari telur ayam, daging ayam, bulu ayam dan sebagainya. Bahkan pada beberapa kasus, mendengar kata ayam saja mereka sudah merinding.

6. Amaxophobia

Amaxophobia
Amaxophobia

Penderita amaxophobia merasa ketakutan luar biasa saat mengendarai obyek yang bergerak seperti misalnya kendaraan. Mereka lebih senang menyendiri di rumah daripada bepergian dengan kendaraan.

7. Hedonophobia

Hedonophobia
Hedonophobia

Dapatkah anda membayangkan ada orang yang takut akan kesenangan? Seorang hedonophobia merasakan perasaan bersalah bila bersenang senang. Perasaan ini muncul karena mereka terlalu memikirkan orang orang disekitarnya yang masih berkesusahan.

8. Sinophobia

 Sinophobia
Sinophobia

Sinophobia adalah ketakutan yang berlebihan pada hal hal yang berkaitan dengan China dan semua hal yang berhubungan dengan China. Kedengaran aneh bukan?

9. Soceraphobia

Soceraphobia
Soceraphobia

Ketakutan yang berlebihan jika harus hidup bersama mertua adalah soceraphobia. Meskipun sudah memiliki mertua yang baik, tetap saja ketakutan itu mereka rasakan.

10. Ombrophobia

 Ombrophobia
Ombrophobia

Ombrophobia adalah ketakutan yang berlebihan seseorang terhadap hujan. Mereka enggan melangkah keluar rumah saat musim hujan. Bahkan beberapa laporan menyebutkan mereka tidak keluar rumah selama beberapa bulan saat musim hujan.

11. Phalacrophobia

Phalacrophobia
Phalacrophobia

Anda ingin botak? Tentu tidak, nah bila anda sangat ketakutan menjadi botak maka kemungkinan anda menderita phalacrophobia.

12. Pharmacophobia

Pharmacophobia
Pharmacophobia

Pharmacophobia adalah ketakutan berlebihan seseorang saat disuruh minum obat. Mereka akan berusaha sekuat tenaga menghindari obat obatan.

 

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *