menonton film

Menebak Kepribadian dari Jenis Film yang Kamu Suka

menonton film
menonton film

Media visual seperti menonton film sudah jadi bagian dari kehidupan kita. Kita bisa menonton film di rumah. Bisa juga di bioskop. Apalagi jika yang tayang adalah jenis film favorit kita, wah rasanya bakal betah berjam-jam menontonnya sampai habis.

Tapi pernah menyangka nggak kalau kita bisa menebak kepribadian seseorang dari jenis film kesukaannya? dalam penelitian “Who Watches What? : Assessing The Impact Of Gender And Personality On Film Preferences” para peneliti berusaha menggali lebih dalam mengenai pengaruh antara jenis kelamin dan kepribadian yang berkaitan dengan jenis film favorit. Hasilnya ternyata cukup mengejutkan.

Inilah kepribadian seseorang dapat dilihat dari jenis film favoritnya :

1. Penyuka film komedi

film komedi
film komedi

Penyuka film komedi dikenal lebih terbuka (lebih kreatif dan punya jiwa petualang). Hanya saja ia sedikit kurang teliti dan nggak bisa rapi. Dalam penelitian “Who Watches What? : Assessing The Impact Of Gender And Personality On Film Preferences”, ditemukan bahwa para partisipan wanita lebih terbuka dibanding pria yang sama-sama penyuka film komedi.

Menurut Kraaykamp et al (2005) dalam jurnalnya “Personality and Individual Differences”, hal ini berkaitan erat dengan kenyataan bahwa biasanya film komedi itu lebih original dengan kandungan humor di dalamnya. Plotnya pun seringkali tak terduga dan sering menggelitik cara berpikir kita.

2. Penyuka film horor

film horor
film horor

Penyuka film horor kurang memiliki jiwa kompetitif. Biasanya agak pendiam dan lebih gampang cemas atau tegang.

Menurut Seth Finn dalam “Origins of Media Exposure : Linking Personality Traits to TV, Radio, Print, and Film Use”, orang yang ekstrovert tak terlalu banyak menghabiskan waktu menggunakan media dan lebih sering berinteraksi sosial. Hal ini jadi penjelasan kenapa justru penyuka film horor itu seringkali bukan orang ekstrovert.

Apakah kamu penyuka film horor? Sesuaikah dengan penjabaran soal kepribadian seperti yang disebutkan di atas.

3. Penyuka film aksi

film aksi
film aksi

Penyuka film aksi dijabarkan sebagai orang yang pekerja keras dan lebih gampang terbuka. Namun, ia kesulitan menjaga emosinya tetap stabil. Film aksi biasanya memiliki alur dan plot cerita yang bisa diikuti dengan baik. Dan hal ini bisa mempengaruhi cara berpikir orang yang menontonnya. Sehingga bisa lebih gampang berpikir logis.

Selain itu, plot menarik yang dikombinasikan dengan konten original dalam film aksi menjadi daya tarik sendiri yang memikat orang-orang yang memiliki pemikiran terbuka. What do you think about it?

4. Penyuka film romantis

film romantis
film romantis

Penyuka film romantis ini dikenal sebagai orang yang pekerja keras tapi emosinya gampang naik turun. Pria penyuka film romantis cenderung memiliki sikap yang lebih terbuka dibandingkan wanita yang sama-sama suka film romantis.

Film romantis umumnya memiliki plot yang tak terduga dan gampang mengaduk-aduk emosi. Hal ini pun sangat mempengaruhi penikmatnya dan membuat karakternya jadi lebih pekerja keras, teliti, dan juga lebih teliti. Selain itu, film romantis dengan happy ending (akhir yang bahagia) bisa memberi rasa nyaman di hati para penontonnya. Sehingga bisa membantu meredakan stres dan rasa tertekan yang dirasa.

5. Penyuka film fantasi

film fantasi
film fantasi

Penyuka film fantasi ini tipikal orang yang kreatif namun agak tertutup. Film fantasi biasanya punya plot dan karakter yang tak biasa. Sehingga bisa membuat kemampuan berpikir orang yang menontonnya jadi lebih kreatif dan berpikir out of the box.

Daya imajinasi pun makin terasah dengan menonton film fantasi ini. Tak heran jika penyuka film fantasi umumnya lebih banyak didominasi oleh orang introvert dibanding ekstrovert. Kalau kamu sendiri bagaimana? Apakah kamu termasuk penyuka film fantasi juga?

 

SEMOGA BERMANFAAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *